Kamis, 18 Mei 2017

Radar Malang

bapak pembicara Kurniawan Muahamad







Keberadaan Radar Malang tidak bisa terlepas dari keberadaan Jawa Pos Biro Malang, sejak tahun 1980-an. Jawa pos melahirkan 7 Radar di Jawa Timur pada tahun 1999. Radar singkatan dari berita daerah.

 Media Cetak ( koran, tabloid, majalah)
 Setiap koran di bagi dalam cluster-cluster berdasarkan kewilayahannya, Radar Malang berada dalam     cluster Jawa Pos Radar (JPR).
- Media Elektronik
Punya jaringan televisi lokal sedikitnya 35 televisi lokal.
- Media Online (Jawa Pos Online)
- Hotel (News Hotel)
- Percetakan
- Pabrik Kertas (Adiprima Suraprinta)
- Power Plant

Bisnis Koran
Khas, punya dua sisi yang secara "ideology" berbeda
1. Idealis - News
2. Bisnis - IIklan

Bisnis koran adalah khas:
Satu sisi produknya bisa dianggap sebagai barang, siai lain produknya bisa dianggap sebagai jasa, jam kerja yang khas.

Tantangan Bisnis Koran:
1. Gempuran Online, Media sosial dan media elektronik
2. Life style yang berubah
3. Perubahan demografis

Yang di lakukan Radar Malang:
- Strategi Konten
Pola pemberitaan lebih Indepth, Investigative, Blow Up

- Membuat Online Berbasis Print (edisi cetak)
Berita cetak mengait di online, dan berita online mengait di cetak.

- Strategi Dekat dengan Pembaca/Masyarakat
News harus menjadi bagian dari solusi setiap persoalan yang ada di masyarakat.
Filososi Part of The Show
Menciptakan berita yang berbeda. Penting untuk menimbulkan kesan mendalam di kalangan pembaca atau masyarakat.

- Menggaet minat pembaca muda
Rubrik Zetizen
Mengenalkan kepada generasi Z pembaca usia muda <20th
penting untuk regenerasi pembaca

- Menggaet komunitas, keluarga, perempuan

- Harus selalu berada dalam "alam bawah sadar" pembaca atau netizen

5 Unsur Dasar Marketing:

1. Penentuan Pasar
2. Perencanaan Produk
3. Manajemen Harga
4. Distribusi
5. Promoai dan Komunikasi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar