Jumat, 05 Mei 2017

Modern Market, Mengawali Kuliah Tamu BP 4 ASIA Malang

 Pada artikel kali ini saya akan mereview kembali materi mengenai Modern Market yang saya peroleh pada kuliah tamu BP 4 STMIK-STIE  ASIA Malang. Perlu diketahui, kuliah Bussiness Practice atau yang biasa di sebut dengan BP merupakan mata kuliah yang wajib ditempuh oleh semua mahasiswa STMIK-STIE ASIA Malang. Banyak manfaat yang diperoleh mahasiswa dari perkuliahan BP ini. Dan salah satu kegiatan pada minggu ini adalah Kuliah Tamu. Dimana Kuliah Tamu ini menghadirkan peemateri-pemateri yang hebat di bidangnya masing-masing. Dan pemateri pada Kuliah Tamu kali ini adalah Bapak Benaya Victorius Jaya. Beliau adalah orang hebat yang bergelut dibidang Modern Market.
Bapak Benaya Victorius Jaya sedang memaparkan materi kepada mahasiswa Bussiness Practice 4 di ruang Teater STMIK-STIE ASIA Malang. (23/03)
Sebelumnya, apakah Modern Market itu? Mari kita ulas.
  • Definisi Modern Market
Pasar yang dibangun atau dikelola oleh pemerintah swasta atau koperasi yang dalam bentuknya berupa pusat perbelanjaan, seperti Mall, Plaza, dan shopping center. dimana pengelolaanya dilaksanakan secara Modern dan mengutamakan pelayanana kenyamanan  berbelanja  dengan manajemen  berada disatu  tanggan ,bermodal relatif kuat ,dan dilengkapi label harga yang pasti .
  • Peraturan terkait modern market
  1. Permendag No. 53 / 2008
    Pedoman penataan dan pembinaan pasar tradisional, pusat perbelanjaan dan toko modern.
  2. Perda Jatim No. 3 / 2008
    Perlindungan, pemberdayaan pasar tradisional dan penataan pasar modern di Provinsi Jatim.

PRODUCT CATEGORY IN MODERN MARKET 
1. GROCERY (Kebutuhan sehari-hari)
  •    Minuman
  •    Pembersih
  •    Kosmetik
  •    Makanan berpendingin
  •    Makanan kering
     Syarat :
  • Memenuhi persyaratan sebagai produk yang aman konsumsi sesuai peraturan pemerintah yang terkait.
  • Mematuhi peraturan dan perundagan mengenai hak intelektual,perpajakan  serta norma -norma hukum dan sosial setempat .
  • Barcode pada kemasan tercetak
2. Fresh (Makanan segar)
  •     Makanan siap saji
  •     Hasil laut
  •     Buah dan sayuran
  •     Makanan
  •     Hasil ternak
3. Bazaar (kebutuhan sekunder atau tersier)
  •     Perlengkapan pertukangan
  •     Olahraga
  •     Rumah tangga
  •     Buku
  •     Mainan
  •     Perlengkapan mobil dan motor
4. Applience (peralatan elektronik)
  •  Big household
  •  Small household
  •  Photo, cine optical
  •  Hi Fi sound
  •  Tv video
  •  Computer
          Syarat :
  • Memiliki persyaratan sebagai produk yang aman untuk digunakan dan terdaftar diperaturan pemerintah SNI
  • Pemasok wajib memberikan garansi purna jual
  • Pemasok wajib memiliki fasilitas pelayanan purna jual
  • Mematuhi peraturan dan perundangan mengenai hak intelektual perpajakan atas norma hukum dan sosial setmpat .
  • Memberikan keterangan teknik pemasangan ,penggunaan dan pemeliharaan (buku petunjuk penggunaan )dalam bahasa indonesia .
5. Textile
  • Sepatu
  • Tas
  • Pakaian dalam
  • Celana
Syarat :
  • Merk yang dipakai telah mempunyai hak paten.
PRIVATE LABEL
Private label adalah merk dagang yang barangnya diproduksi atau dikemas oleh pemasok.
Keuntungan privet label:
  • Tidak perlu investasi dan membangun merk
  • Pengalaman pengembangan dan pengawasan mutu produk berstandar nasional
  • Peluang memasarkan produk ke jaringan internasional
Mutu Produk Private Label
  • Seluruh prodak private label harus melalui uji coba mutu yang dilakukan oleh BPOM
  • Proses propduksi harus  memanuhi standart yang telah ditentukan  modern market sebagai pemilik label
Syarat Perdagangan (Trading terms)
Syarat dalam perjanjian kerjasama antara pemasok dan toko modern yang berhubungan dengan pemasokan produk produknya  yang diperdagankan dalam toko modern  yang bersangkutan.
Modern Market dari aspek konsumen
  • Memiliki konsep 1.harga kompetetif 2.suasanan belanja yang nyaman 3.pilihan produk yang lengkap.
  • Membantu meningkatkan daya beli san akses  untuk produk  berkualitas bagi konsumen dengan  menyediakan  produk bermutu  baik dengan harga kompetetif
  • Memlikiki komitmen layanan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar